Dalam mewujudkan visi dan misi sekolah, kami mengembangkan curriculum framework yang menjadi panduan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan kesadaran bahwa setiap anak diciptakan sebagai gambar Allah, serta membentuk mereka menjadi pemimpin berkarakter yang takut akan Tuhan.
Framework SPH LEAD adalah kurikulum kepemimpinan berpusat pada Kristus yang dirancang untuk membentuk siswa menjadi individu yang utuh dan memuliakan Tuhan dalam segala aspek kehidupan mereka.
Belajar dengan keunggulan akademik dan spiritual, mengejar pengetahuan yang memuliakan Tuhan.
Terlibat aktif dengan tujuan yang jelas, memahami panggilan hidup mereka dalam rencana Tuhan.
Bertindak dengan integritas dan kejujuran, hidup sesuai dengan nilai-nilai Kristiani.
Membuat keputusan bijak dengan iman, dipimpin oleh hikmat Ilahi dalam setiap langkah.
Ini adalah pendekatan holistik dengan pemuridan yang mengembangkan siswa secara intelektual, emosional, sosial, fisik, dan spiritual sambil membimbing mereka untuk bertumbuh dalam iman dan relasi mereka dengan Kristus. Pendekatan ini membekali siswa untuk mencerminkan Kristus dalam karakter, sikap, keterampilan, dan kebiasaan mereka, saat mereka terlibat dengan dunia dengan iman, integritas, tanggung jawab, dan kerendahan hati.
Framework SPH LEAD diwakili oleh Honai, rumah tradisional Papua. Kami memilih Honai untuk mencerminkan komitmen kami terhadap kurikulum kontekstual—yang mengakui dan memahami secara mendalam budaya lokal dan latar belakang siswa sambil mengintegrasikan praktik terbaik global untuk melayani kebutuhan masyarakat Papua dengan sebaik-baiknya.
Dalam tradisi Papua, Honai melambangkan fondasi yang kuat untuk pembelajaran, pertumbuhan, dan tujuan, yang selaras dengan nilai-nilai kurikulum kami. Struktur melingkar berbentuk pondok ini, terbuat dari kayu dan jerami, telah lama menjadi tempat kebijaksanaan, perlindungan, dan pembelajaran komunal bagi masyarakat Papua lokal. Sebagaimana Honai memberikan tempat berteduh dan memelihara kehidupan, kurikulum kami membimbing siswa dalam perjalanan pertumbuhan mereka, membekali mereka untuk memimpin, melayani, dan memuliakan Tuhan.
Memahami kerangka kerja ini memerlukan pemahaman mengapa kami memulai dari inti dan bergerak ke luar. Pendekatan ini mencerminkan hakikat sejati dari pembelajaran dan pembentukan spiritual—"Kami memulai dengan tujuan yang lebih dalam (untuk memuliakan Tuhan) dan bergerak menuju apa yang terlihat (hasil-hasilnya)." Ada 4 lapisan dalam kerangka ini: Lingkaran dalam, lingkaran tengah, lingkaran luar, dan atap, masing-masing mewakili komponen kunci dari kurikulum.
Di pusat kerangka pembelajaran SPH terletak tujuan utama pendidikan: memuliakan Tuhan. Tujuan ini membentuk setiap aspek perjalanan siswa, mengingatkan kita bahwa pembelajaran bukan hanya tentang pencapaian tetapi tentang transformasi—menjadi lebih seperti Kristus dalam segala hal.
Hal ini diekspresikan melalui Visi dan Misi kami:
Lingkaran tengah dari Framework SPH LEAD ini mewakili empat nilai inti: Iman, Integritas, Tanggung Jawab, dan Kerendahan Hati. Nilai-nilai ini lebih dari sekedar prinsip panduan—mereka membentuk cara siswa berpikir, bertindak, dan bertumbuh.
Dari setiap nilai, kami menurunkan dua disposisi pembelajaran yang mengekspresikan bagaimana nilai-nilai ini dihidupi dalam pembelajaran dan perilaku sehari-hari. Delapan disposisi ini membimbing siswa untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang mewujudkan:
Untuk mencapai hasil-hasil ini, kami menyusun pembelajaran melalui tiga komponen penting:
Komponen-komponen ini berfungsi sebagai jalur praktis di mana siswa mengembangkan pengetahuan, nilai-nilai, dan rasa tujuan mereka.
Ini adalah apa yang kita lihat—transformasi yang terlihat pada siswa. Hasil-hasil ini mencerminkan pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang dikembangkan siswa sepanjang pendidikan mereka. Mereka mewakili buah dari perjalanan pembelajaran yang berpusat pada Kristus, kualitas-kualitas yang kami upayakan untuk menumbuhkan dalam setiap siswa, yang dapat dilihat dalam profil lulusan di bawah ini.
Pada akhir perjalanan sekolah mereka di SPH, siswa akan:
Dengan menyusun kerangka kerja dari yang bertujuan hingga yang terlihat, kami menekankan bahwa pendidikan dimulai dengan panggilan yang jelas—untuk memuliakan Tuhan dalam segala hal. Dari fondasi ini, setiap pengalaman belajar menjadi perjalanan transformasi, membentuk siswa dalam karakter, sikap, keterampilan, dan kebiasaan. Framework SPH LEAD memastikan bahwa siswa tidak hanya bertumbuh dalam iman, integritas, tanggung jawab, dan kerendahan hati tetapi juga unggul secara akademis—mempersiapkan mereka untuk Belajar dengan Keunggulan, Terlibat dengan Tujuan, Bertindak dengan Integritas, dan Membedakan dengan Iman.
Fondasi pendidikan yang memulihkan, membentuk, dan mengutus siswa untuk memuliakan Tuhan
Dunia telah rusak oleh dosa. Kami membantu siswa memahami dampak dosa dalam masyarakat, budaya, dan kehidupan pribadi mereka, serta melihat pendidikan sebagai respons untuk membawa pemulihan.
Pembelajaran memulihkan yang rusak—hikmat, pengertian, dan identitas. Melalui pengajaran Alkitab, siswa dimuridkan untuk berjalan dalam kebenaran dan membawa terang ke dalam kegelapan.
Pendidikan Kristen memupuk kasih kepada Tuhan dan sesama, mendorong rekonsiliasi dan damai. Guru menjadi teladan karakter Kristus dan kepemimpinan sebagai pelayan.
Sebagai gambar Allah, siswa dipanggil untuk mengelola ciptaan-Nya dengan bijak. Kami membekali mereka untuk melayani orang lain, mempromosikan keadilan, dan menggunakan karunia Tuhan dengan bijaksana.
Mengajar lebih dari sekadar profesi—ini adalah panggilan ilahi dan pelayanan transformasi. Guru Kristen adalah instrumen pemulihan Tuhan, memulihkan kebenaran, hikmat, dan kebenaran dalam kehidupan siswa mereka. Mereka membentuk siswa untuk melihat dunia melalui lensa Alkitab, meneladani karakter Kristus dengan kerendahan hati, integritas, dan kasih.
Di SPH, kami menggunakan Global Best Practice dalam pengajaran dan pembelajaran untuk memastikan pendidikan berkualitas tinggi yang mempersiapkan siswa untuk masa depan. Global Best Practice mengacu pada strategi pengajaran paling efektif dan berbasis penelitian yang digunakan di seluruh dunia untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Praktik-praktik ini dapat disesuaikan dengan berbagai pengaturan pendidikan dan menekankan pendekatan yang berpusat pada siswa.
Menyelaraskan metode pengajaran dengan kebutuhan budaya, sosial, dan pendidikan siswa.
Menerapkan strategi yang realistis dan dapat dicapai berdasarkan sumber daya yang tersedia.
Fokus pada keterlibatan siswa melalui gaya belajar yang beragam dan pengajaran yang dipersonalisasi.
Membuat keputusan instruksional berdasarkan penelitian dan data.
Merefleksikan dan menyempurnakan metode pengajaran untuk pertumbuhan berkelanjutan.
Menjunjung tinggi integritas, iman, tanggung jawab, dan kerendahan hati dalam semua aspek pengajaran dan pembelajaran.
Pendekatan ini akan membekali siswa untuk menjadi pemecah masalah yang berpikir kritis dan membuat keputusan yang tepat. Untuk mencapai hal ini, mereka perlu mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi di luar sekadar mengingat fakta. Selain itu, kami percaya bahwa dengan menggunakan pendekatan ini, kami mempersiapkan siswa untuk masa kini dan masa depan dengan membekali mereka dengan keterampilan abad ke-21:
Keterampilan ini berfokus pada pemikiran kritis dan kemampuan beradaptasi:
Keterampilan ini membantu siswa menavigasi era digital dan berbasis informasi:
Keterampilan ini penting untuk kesuksesan pribadi dan profesional:
Penilaian berkelanjutan untuk memantau pemahaman siswa dan menyesuaikan pengajaran.
Evaluasi pembelajaran di akhir unit untuk mengukur pencapaian siswa.
Kesempatan untuk memperbaiki nilai dan dukungan tambahan bagi yang membutuhkan.
Penilaian Character, Attitude, Skills, dan Habits untuk mengukur pertumbuhan holistik.